Aplikasi Bisnis dalam Cyber Media
KB 1: Bisnis dengan Menggunakan Media Internet
A. Bisnis dan Internet
Sebuah perusahaan dalam menjalankan tujuan sekarang ini banyak menggunakan internet sebagai media komunikasi dengan khalayaknya dan akan terus menggunakan internet sebagai saluran pemasaran, sekaligus tempat untuk memublikasikan informasi tentang diri mereka sendiri dan produk mereka, serta untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan mitra bisnis. Penggunaan bisnis dengan manggunakan internet bergerak dari pertukaran informasi elektronik yang luas, ke program untuk aplikasi bisnis strategis.
B. Interactive Marketing
Tujuan dari pemasaran interaktif adalah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan sebagai mitra bisnis dalam menciptakan pembelian, serta meningkatkan distribusi produk dan jasa. Pelanggan tidak lagi hanya peserta pasif yang menerima iklan media sebelum membeli. Sebaliknya, mereka secara aktif terlibat dalam jaringan proaktif dan pengalaman pemasaran interaktif.
C. Push Versus Pull Marketing
Pada proses pemasaran interaktif terdapat pilihan metode antara push or pull marketing. Artinya, materi pemasaran dapat diletakkan pada pelanggan atau prospek layar komputer, baik dengan menggunakan teknologi mendorong (push) atau menarik (pull). dimana push marketing, bergantung terutama pada perangkat lunak yang disebut web broadcasters atau net broadcasters, sedangkan pull marketing bergantung pada anda untuk mengakses layanan internet atau web (internal dan eksternal) dengan menggunakan browser web anda.
D. Nilai Bisnis Sebuah Internet
Penghematan biaya substansial dapat muncul karena aplikasi yang menggunakan internet dan teknologi berbasis internet biasanya lebih murah untuk mengembangkan, mengoprasikan, dan memelihara dari pada sistem tradisional. Alasan utama yang lain untuk nilai bisnis,mencakup penggunaan internet dan website untuk pemasaran interaktif dan layanan pelanggan. Perusahaan membangun situs komersial di world wide web untuk mencapai empat tujuan bisnis utama:
- menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan periklanan web
- meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang sudah ada melalui fungsi web layanan pelangan
- mengembangkan pasar dan saluran distribusi baru berbasis web untuk produk yang ada
- mengembangkan informasi mengenai produk-produk baru yang dapat di akses di web.
KB 2: Dasar Perdagangan Elektronik dan Sosial Serta Media untuk Perdagangan
Untuk menghadapi pasar global perdagangan elektronik, salah datu strategi pemasaran, yaitu dengan menggunakan teknologi internet. Titik berat dari penggunaan internet dalam perdagangan elektronik ini terletak pada penggunaan internet untuk melakukan prose promosi, perjualan-pembelia, pembayaran dan layanan pelanggan.
Perdagangan elektronik mencakup proses yang mencakup pengembangan, marketing, penjualan, pelayanan dan pembayaran prosuk atau jasa melalui internet serta merupakan sebuah komunitas virtual global antara pembeli dan penggunaan jasa. Melalui perdagangan elektronik, komunikasi yang terjadi dapat di golongkan menjadi 3 yaitu:
- Perusahaan terhadap konsumen (business-to-consumer commerce)
- aplikasi perusahaan terhadap perusahaan lain ( Business to business Commerce)
- proses internal perusahaan.
Tujuan SCM adalah memotong biaya, meningkatkan keuntungan, meningkatkan kinerja yang ada hubunganya dengan konsumen dan suplier, serta mengembangkan nilai tambah pelayanan yang membuat perusahaan menjadi kompetitif.
Dalam perkembangan pertumbuhan situs web dikenal istila Web 2,0 yang menunjukkan jenis web yang "hidup" dan di isi oleh penulis secara periodik sehingga menimbulkan fenomena baru, yaitu blog dan social networking services (SNS), atau lebih populer dengan sebutan situs jejaring sosial.
Referensi :
Yanuar Luqman
