Sistem Informasi dan Internet
KB 1: Sistem Informasi
Sistem informasi menurut O'brien merupakan interaksi terpadu antarsumber daya people, software, hardware, network dan data yang didesain untuk mendukung aktivitas data collecting, data processing, data storing, dissemination of information serta overall performance control.A. Sumber-Sumber Daya Dalam Sistem Informasi
1. People dapat diartikan sebagai pengguna dari sistem informasi yang ada. Penggunaan sistem informasi dapat kita pilah lagi menjadi dua yaitu: pengguna akhir (end user) dan Information system specialist.2. Hardware adalah semua perangkat dalam bentuk fisik dan material yang digunakan dalam pemrosesan informasi.
3. Software adalah seperangkat instruksi dalam pemrosesan informasi.
4. Data adalah lebih dari sekedar material dasar sistem informasi. Data meliputi semua fakta-fakta hasil pengukuran, pengamatan, perhitungan atau transaksi yang perlu di himpun dan disimpan untuk mendukung keseluruhan aktivitas sistem informasi.
5. Network sumber daya jaringan meliputi seluruh sarana untuk telekomunikasi yang meliputi media telekomunikasi, proses telekomunikasi, aliran (jalur) telekomunikasi, tepologi & aturan.
B. Aktivitas Dalam Sistem Informasi
Aktivitas yang terjadi dalam sistem informasi terdiri dari input, pemrosesan data menjadi informasi, kemudian dengan proses kontrol informasi tersebut dikeluarkan sebagai output atau hanya disimpan untuk kepentingan selanjutnya. Kualitas produk informasi dapat dijaga apabila memenuhi kriteria-kriteria berikut yakni: Dimensi waktu, Dimensi isi, Dimensi bentuk.KB 2: Informasi yang Ada di Internet
Internet adalah media baru, internet bisa dibayangkan sebagai supermarket yang menyediakan berbagai macan kebutuhan informasi. Informasi yang di dapat melalui internet Antara lain adalah:Penerbitan Elektronik, Terdapat empat macam penerbitan elektronik adalah berikut ini : pertama adalah versi online dari penerbitan cetak konvensional. Kedua adalah penerbitan yang hanya dalam format online. ketiga adalah penerbitan oleh perusahaan. Keempat adalah penerbitan yang dikelola oleh pemerintah.
Hiburan, di dalam dunia cyber atau internet, salah satu hal yang dapat kita dapatkan selain informasi adalah hiburan. Hiburan yang bisa kita dapatkan di dalam internet adalah music, film dan radio
Permainan Online adalah bentuk dari hiburan, tetapi penekannya pada unsur interaktif yang terjadi pada para pengguna. Sifat dari sebuah game online adalah multi User Dungeons (MUDs) atau bermain peran (role playing). Pada sisi jumlah pengguna online game dikategorikan sebagai Massively Multiplayer Online (MMO) atau permainan yang dimainkan oleh pemain dalam jumlah yang sangat banyak. Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPGs) adalah permainan yang paling populer yang mana melibatkan multi pengguna komunitas yang memainkan peran tertentu dalam lingkungan virtual.
Portals adalah layanan yang ada do dalam internet yang merupakan kombinasi direktori, komunikasi antarpersonal, dan informasi pada semua tujuan, "papan landasan" (launch pad) yang mampu dikhususkan, pengguna akan mengunjungi di manapun mereka ke internet.
Search Engines, mesin pencari adalah situasi yang paling banyak diakses para Pengguna internet. Salah satu yang dicari pengguna internet adalah informasi.
Communities, komunitas ini memungkinkan para pengguna untuk dapat saling berbagi satu sama lain, tidak hanya opini, bertanya akan hal-hal yang ingin diketahui, namun juga berkontribusi dalam diskusi online.
Blogs merupakan bentuk gabungan dari web halaman pribadi, buku harian pribadi, direktori online dan halaman editorial surat kabar.
Electronic Commerce, bisnis ini melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen dikenal juga dengan b to c (business to consumer). Mereka menyerupai katalog belanja yang kita kenal, kecuali tersedianya informasi produk dan lembar pemesanan secara online.
Referensi :
Sekar Indrawati
Yanuar Luqman
Cybermedia : Sistem Informasi dan Internet
