Selasa, 23 Oktober 2018

Internet sebagai Teknologi Sosial

KB 1: Computer Mediated Communication

A. Apa Dan Kenapa Mempelajari CMC?

   CMC menjadi penting untuk dipelajari karena begitu besarnya dampak yang ditimbulkan hingga media baru ini sudah terintegrasi dalam kehidupan fisik manusia, hubungan antarpersonal bukan hingga level identitas personal. Hal itu juga diterapkan dalam semua program dan aplikasi internet yang memang merupakan bahasa unik jaringan internet. Wood & Smith (2005) dalam bukunya online communication mengidentifikasi bahwa sejauh ini CMC mempelajari tentang human behavior yang terjadi dalam kegiatan komunikasi via mesin, dalam hal ini internet.

B. Mediated Communication Via Online

   Mediated communication adalah komunikasi yang dipisahkan oleh teknologi, dari yang paling sederhana seperti surat, hingga yang paling canggih yaitu internet. Sementara yang dimaksud dengan immediated communication adalah komunikasi yang dilakukan face-to-face tanpa bantuan teknologi.

C. Bagaimana Berkomunikasi Dengan CMC?

   Terdapat banyak variasi program komunikasi yang saat ini sudah ada di internet. Namun para ahli media online menentukan ada lima bentuk CMC di antaranya yaitu :
 1. E-mail mungkin bisa dibilang sebagai channel komunikasi yang paling populer di internet, seperti surat menyurat, e-mail merupakan alat pertukaran teks antara dua orang atau lebih.
 2. Bulletin Board System, suatu layanan komputer yang bisa diakses dengan komputer jaringan, biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi komputer dua arah, untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program, untuk keperluan tanya jawab dan akses informasi serta untuk menerima dan menyebarluaskan pengumuman q pengumuman perusahaan dan sebagainya.
 3. Internet Relay Chat adalah chat antara dua orang atau lebih, yang terjadi pada waktu yang sama. IRC (Internet Relay Chat) adalah sistem komunikasi instan di internet yang bisa digunakan oleh banyak pemakai.
 4. Multiuser Domain (MUD), adalah piranti dalam internet berupa permainan interaktif multiplayer yang memungkinkan user memerankan peran-peran fantasi dan mengeksploitasinya dengan orang lain. permainan ini memiliki sedikit persamaan dengan chat, dalam hal penggunaan identitas dan hubungan dengan para user di dunia maya. Apa persamaannya, MUD dan Chat memungkinkan user untuk berperan sebagai siapa pun di dunia maya, termaksud mengubah identitas dan mengubah gender.
 5. World Wide Web, salah satu bentuk dari CMC ini adalah sering disebut sebagai "Web". Web sendiri memiliki tingkat interaktivitas, seperti halnya e-mail, chat, BBS dan MUD.

KB 2: Cyberspace

A. Apa itu Cyberspace?

   Kata cyber dalam cyberspace berasal dari bahasa yunani " kubernetes" yang berarti mengontrol. Noebert Weiner ( dalam Wood & Smith, 2003) mendefinisikan cyberspace sebagai ilmu tentang kontrol otomatis sistem. Sementara itu Howard Rheingoid (dalam Wood & Smith, 2003) mendefinisikan cyberspace sebagai sebuah konsep dimana kata, hubungan manusia, data, kekayaan dan kekuatan dimanivestasikan oleh manusia dengan menggunakan teknologi CMC. Keberadaan cyberspace ini telah memunculkan fenomena sosial yang berasal dari aktivitas CMC yang dilakukan manusia melalui teknologi internet di antaranya kemunculan istilah virtual reality dan virtual community.

B. Karakter Komunikasi Online di Dunia Cyber

   Saat berbicara tentang cybermedia, maka yang perlu kita pahami adalah sifat-sifat dari komunikasi dalam CMC. Lima karakter di kemukakan oleh Sheizaf Rafaeli (dalam Wood & Smith, 2003) yang akan membedakan antara bentuk komunikasi menggunakan channel internet dengan komunikasi menggunakan channel lain yakni :
1. Packet switching adalah sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian.
2. Multimedia adalah sebuah sistem komunikasi yang menawarkan perpaduan teks, grafik, suara, video, dan animasi. Akhir-akhir ini word wide web telah menyajikan streaming multimedia, atau audio dan vidio yanv tersedia melalui website.
3. Interactivity merupakan sebuah penjabaran konsep CMC dalam web. Interaktivitas merupakan salah satu media baru yang paling banyak dibicarakan, dan mendapat tempat khusus di Internet.
4. Syncronity, konsep ini terjadi dalam dunia maya saat dua orang atau lebih melakukan CMC dalam waktu bersamaan.
5. Hypertextuality. Hyperlink sebernanya adalah suatu bentuk khusus dari hypertext, sebuah istilah yang diperkenalkan pada tahun 1965 oleh Ted Nelson. Nelson mendefinisikan hypertext sebagai tulisan yang tidak berurutan. Salah satu kesulitan dalam hypertext adalah yang disebut navigation problem (masalah navigasi), yaitu kemungkinan tersesat dan tidak tahu ke mana selanjutnya harus pergi.


Referensi:
Nurul Hasfi
Yanuar Luqman
Cybermedia : Internet sebagi Teknologi Sosial

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates